SENANGPOKER

Tanpa Anda Sadari Penipuan Mengintai Dari Medsos


Tanpa Anda Sadari Penipuan Mengintai Dari Medsos

Biasanya untuk membuang waktu dan mengusir penat biasanya kita selalu berhubungan  dengan teman melalui media sosial tentu sering kita lakukan. Salah satunya adalah lewat facebook di mana kita bisa menonton video lucu, bermain game, atau menuliskan keluh kesah di halamannya.

Tetapi tahukah Anda bahwa penjahat juga bisa menggunakannya untuk mencuri uang dan informasi dari kita? Berikut ini bentuk-bentuk penipuan di facebook yang seringkali tidak kita sadari :

Fitur kuis facebook

Terkadang bermain kuis di facebook bisa membuat pikiran kita lebih segar. Namun adakalanya beberapa fitur kuis di facebook akan meminta akses ke profil Anda. Adam Levin, pendiri The Global Indentity Protection and Data Risk dan sekaligus penulis buku Swiped, mengatakan bahwa fitur tersebut akan mengajukan beberapa pertanyaan lebih jauh mengenai data diri kita.

Adam Levin menyarankan agar kita bermain kuis lewat laman yang terpercaya. Selain itu, sebaiknya kita membuat jawaban palsu untuk pertanyaan soal pemulihan kata kunci sehingga password kita sulit dipecahkan.

Mungkin cukup mudah bagi para penipu untuk memancing agar Anda memberitahukan nama masa kecil ibu Anda, kode yang sering digunakan untuk mengkonfirmasi suatu akun. Jadi, berikan jawaban palsu yang mudah diingat. Penipuan lewat pertanyaan keamanaan ini adalah cara paling mudah.

Hadiah yang tidak masuk akal

Siapa yang tidak mau hadiah gratis. Apalagi hadiah tersebut bernilai jutaan. Mungkin kita akan mudah tergiur dengan pemberian giveaway (undian) tersebut. Bahkan, dengan mudahnya kita akan mengarahkan kursor pada link 'Sign me up!' untuk mendapatkanya.Tapi, kita perlu waspada akan hal ini.

Tapi sebelum anda melakukannya, pertimbangkan dulu peluang untuk menang dan resiko besar apa yang menghadang dengan melepaskan informasi pribadi. Abaikan tipuan media sosial yang menggunakan cara ini.

Teman lama yang baru

Bersikaplah skeptis jika menerima permintaan pertemanan baru dari seseorang yang sebelumnya sudah berteman dengan Anda lewat facebook. Beberapa orang memang suka membersihkan akun lama mereka dengan membuat akun baru. Namun, tidak semua permintaan pertemanan itu jujur, karena cara yang sama ini juga dipakai para penipu dengan berpura-pura menjadi teman Anda.

Penipu akan mengkloning seluruh profil facebook seseorang dengan menciptakan akun palsu yang mengatasnamakan orang tersebut. Dari akun teman anda, hacker bisa mengirim tautan yang bersifat menipu. Sebaiknya kita menghindari bentuk penipuan melalui email anonim yang masuk dalam inbox kita.

Permintaan aneh dari teman

Meskipun Anda belum menerima permintaan pertemanan, jangan langsung mempercayai pesan aneh dari seseorang yang belum pernah kita temui. Hacker dapat menemukan password seseorang dan masuk ke akun mereka, lalu mengirim pesan kepada teman-temannya.

Orang-orang tersebut bisa jadi mengaku kehilangan dompet di negara lain dan meminta Anda untuk mengirim uang. Mungkin hal ini cukup jelas menunjukan sebuah penipuan, tapi pesan dari teman itu bisa membuat Anda gegabah sehingga tidak mampu berpikir jernih.

Jika Anda ingin memastikan bahwa pesan tersebut benar-benar asli, hubungi menggunakan platform lain selain facebook. Bila Anda menelpon, ketahuilah juga bahwa ringtone terdengar berbeda di berbagai negara. Jadi, Anda bisa mengetahui dimana teman Anda berpergian dengan meneleponnya meskipun dia tidak mengangkat telepon.

Pesan tak jelas

Kenal atau tidak dengan orang yang memposting tautan tersebut, Anda pasti tergoda saat seseorang mengirim pesan tautan seperti "Lihat apa yang mereka katakan tentang kamu' dan klik apa yang terjadi.

Jika Anda ingin memastikan bahwa pesan tersebut benar-benar asli, hubungi menggunakan platform lain selain facebook. Bila Anda menelpon, ketahuilah juga bahwa ringtone terdengar berbeda di berbagai negara. Jadi, Anda bisa mengetahui dimana teman Anda berpergian dengan meneleponnya meskipun dia tidak mengangkat telepon anda.

Kupon undian

Mengikuti fanspage restoran atau toko favorit adalah cara yang tepat agar kita mengetahui informasi apapun terkait toko atau restoran tersebut. Jika fanspage tersebut memposting kode promo dan Anda memenangkan sejumlah uang, maka beruntunglah Anda.

Tapi, jangan langsung percaya jika kemudian diminta memberi data pribadi atau rekening Anda. Pada sebagian bentuk penipuan facebook, sebagian website muncul pada fanspage asli namun halaman yang muncul adalah halaman palsu.

Penggalangan dana

Biasanya, setelah ada tragedi besar, Anda akan melihat banyak iklan dan postingan tentang kegiatan amal untuk membantu korban. Memang ada bebera[a organisasi yang benar benar menyalurkan bantuan untuk para korban, tetapi ada juga yang memang bertujuan melakukan penipuan dengan memanfaatkan kepedulian dari orang lain.

Secret Santa

Kedengarannya memang seperti ide bagus. Anda mengirim hadiah dengan nominal tertentu kepada seseorang yang tidak Anda kenal dan tiga orang lainnya juga akan mengirim hadiah untuk Anda, inilah yang disebut dengan 'Secret Santa'.

Tapi, sama seperti praktik penemuan dengan gaya kupon undian, tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan hadiah kembali dengan nilai sama dengan nominal yang telah Anda keluarkan. Dengan memberikan informasi alamat rumah Anda kepada orang asing dengan daftar barang yang disukai.


 
Share on Google Plus

About Lifestyle

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

3 comments :

  1. Salam Hangat, selamat pagi.
    Suka Main Poker Uang Asli Tetapi Kalah Terus?
    Ayo Gabung Bersama Kami Di Wayangpoker
    MENANG maupun KALAH Tetap mendapatkan Bonus Setiap Hari
    Wayangpoker Situs terpercaya yang sudah lama berada diantara kita semua.
    Minimal DEPOSIT CUKUP DENGAN Rp,20.000
    Minimal WITHDRAW CUMA Rp.40.000
    BBM : 2BE326CC
    WWW.WAYANGPOKER.POKER

    ReplyDelete
  2. TIKETQQ.COM AGEN BANDARQ DOMINO99 BANDAR POKER DAN BANDAR66 ONLINE TERBAIK DI ASIA [/url], Telah menjadi salah satu website / situs Favorite untuk para pemain poker dan domino di seluruh INDONESIA karena di TIKETQQ lah lahir para master poker dan domino handal juga JUTAWAN - JUTAWAN BARU SETIAP HARINYA, Super sekali...!!!

    Kami juga menyediakan bonus - bonus yang sangat menarik untuk para member - member tercinta kami di situs kami TIKETQQ loh...

    BERIKUT HOT PROMO YANG BERLAKU SAAT INI :

    1. BONUS JACKPOT PULUHAN HINGGA RATUSAN JUTA SETIAP HARI
    2. BONUS TURN OVER 0.3% , TERBESAR SE INDONESIA
    3. BONUS TERBESAR REFERRAL 15% UNTUK SEUMUR HIDUP

    HANYA DI TIKETQQ.COM AGEN BANDARQ DOMINO99 BANDAR POKER DAN BANDAR66 ONLINE TERBAIK DI ASIA

    KELEBIHAN TIKETQQ ADALAH :

    1. DEPOSIT & WITHDRAW MINIMAL Rp 15.000,-
    2. DEPOSIT & WITHDRAW TERCEPAT KURANG DARI 2 MENIT
    3. 100% NO ADMIN & NO BOT
    4. 100% PLAYER VS PLAYER
    5. 100% FAIR PLAY
    5. CUSTOMER SERVICE 24 JAM / 7 HARI
    6. SISTEM KEAMANAN TERBARU & TERJAMIN

    AYO TUNGGU APA LAGI, SEGERA BERGABUNG DAN DAFTARKAN DIRI ANDA BERSAMA KAMI DI TIKETQQ, JANGAN SAMPAI KESEMPATAN MENANG ANDA TERLEWATKAN

    AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DAN AJAK TEMAN - TEMAN ANDA BERGABUNG BERSAMA KAMI HANYA DI TIKETQQ

    Agen Domino99
    Agen BandarQ
    Bandar66 Online

    Contact Us :
    ++ Phone : +6281226127740
    ++ BBM : tiket99
    ++ YM : cstiketqq@yahoo.com
    ++ LINE : Tiketqq
    ++ FACEBOOK : TIKETQQ
    ++ INSTAGRAM : TIKETQQ
    ++ Live Chat Customer Service Profesional 24/7 (NONSTOP)

    TIKETQQ.COM AGEN BANDARQ DOMINO99 BANDAR POKER DAN BANDAR66 ONLINE TERBAIK DI ASIA

    ReplyDelete
  3. Yukk... Ikut PROGAM REFERRAL Di Situs Sahabatdomino
    Dapatkan Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    NB : Semakin Banyak Teman Yg Anda Ajak
    Semakin Banyak Juga BONUS Yg Anda Dapatkan
    Website : Slotdomino,Com
    W.A : +6285974599065
    PIN BB : 2BE2DD7E

    ReplyDelete